Senin, 01 November 2010

THE FIRST SHOP OF COFFEE PRINCE



The First Shop Of Coffee Prince


Wow, dia kembali lagi!!! Setelah sukses dengan perannya di 'Princess Hours'  dan 'The Man of the Vineyard', yang membuatnya menjadi ikon drama Korea masa kini, Yoon Eun-hye kali ini memerankan seorang gadis muda yang tomboy, yang berpenampilan sebagai pria di The First Shop of Coffee Prince. Diadaptasi dari novel berjudul sama, drama ini menjadi hit dan jadi perbincangan dimana-mana. Drama ini merupakan drama seri yang diproduksi oleh produser wanita pertama MBC, Lee Yoon-jung, yang sebelumnya memproduksi drama-drama pendek yang kurang dikenal seperti 'Taeneung National Village'. Dengan ketelitian, kejelian dan feminimitasnya sebagai perempuan, Lee berhasil mengambil hati banyak pemirsa, yang kebanyakan adalah pria dan wanita berusia 30-an.

Informasi Tentang Drama  

Broadcast Network : MBC
Broadcasting Dates : July 2 ~ August 28, 2007 at 21:55 every Monday and Tuesday
Producer : Lee Yoon-jung
Cast : Yoon Eun-hye, Gong Yoo, Lee Seon-gyeon, Chae Jung-an
Website : http://www.imbc.com/broad/tv/drama/coffeeprince (Korean)
     Sinopsis
Sebagai kepala keluarga dari sebuah keluarga miskin, Eun-chan yang cuek dan selalu bersemangat, bekerja serabutan untuk menghidupi keluarganya. Penampilannya tomboy. Stelah ayahnya meninggal dia bekerja serabutan untuk menghidupi ibu dan adik perampuannya. Sampai suatu ketika dia bekerja di sebuah kedai kopi milik Han-gyeol. Han Gyeol yang seorang playboy, adalah pewaris perusahaan makanan Dongin Foods Company. Karena sang nenek terus menerus berusaha menjodohkannya dengan beberapa wanita, Han Gyeol menyewa Eun Chan untuk pura-pura menjadi pacarnya. Han Gyeol mengira Eun Chan adalah seorang pria. Han-gyeol, yang bepura-pura menjadi homoseksual sebenarnya hanyalah menakut-nakuti neneknya, yang selalu menjodoh-jodohkan dirinya. Selain itu, neneknya selalu menyuruhnya untuk bekerja, supaya Han Gyeol nantinya bisa mengambil alih perusahaan. Namun karena sakit, Han Gyeol tidak bisa menilak keinginan neneknya. Han Gyeol yang selalu semaunya sendiri, diberi tugas untuk mengambil alih dan menangani kedai kopi 'Coffee Prince', sebuah kedai kopi yang bisa dibilang gagal. Akhirnya Han Gyeol membuka kembali kedai kopi itu dengan memperkerjakan karyawan yang semuanya laki-laki, termasuk Eun Chan, yang dikiranya adalah laki-laki untuk menarik perhatian pengunjung wanita. Dan karena sangat membutukan uang dan pekerjaan, Eun Chan berpura-pura menjadi laki-laki agar diterima di 'Coffee Prince'. Selanjutnya, Han Gyeol terlibat cinta yang rumit, karena mulai menyukai Eun Chan yang dikiranya adalah laki-laki... Pyufff... Terpikat dengan sesama jenis??? Percintaan yang akhirnya membingungkannya. Han Gyeol mulai mempertanyakan seksualitasnya...


Di tempat lain, sepupu Han Gyeol, Choi Han Seong (diperankan oleh Lee Seon-gyeon), seorang produser musik dan bekas kekasihnya Han Yoo JooChae Jung Ahn), seorang seniman yang pernah tinggal di New York, bertemu lagi setelah berpisah lebih dari 2tahun. Sebelumnya mereka pernah berpacaran selama 8 tahun. Ketika Han Seong bertemu Eun Chan (sebenarnya dia mengetahui kalau Eun Chan adalah seorang gadis), dia menjadi bingung dengan perasaannya terhadap perempuan. Oh iya, sebenarnya Han Seong tidak pernah mengetahui jika sebenarnya Han Geoul, sepupunya, secara diam-diam mencintai Han Hyo Joo sejak lama.
    Karakter Para Pemainnya
Choi Han-gyeol ? Diperankankan oleh Gong Yoo 
Han-gyeol adalah ahli waris Dongin Foods Company.Coffee Prince. Dan lambat laun dia mulai menikmati keasyikan mengelola kedai kopinya. Keras kepala dan acuh tak acuh pada orang lain, meski sebenarnya hatinya baik. Dia bertemu dengan Eun-chan, laki-laki yang lincah dan penuh semangat (yang sebenarnya adalah perempuan) dan jatuh cinta padanya, dan membuatnya dalam masalah besar, karena mulai jatuh cinta dengan sesama jenis.  Sebenarnya dia pernah bekerja di Amerika, namun terpaksa kembali ke Korea, atas permintaan neneknya. Pintar, berkharisma dan ganteng. Wanita mana yang tidak bertekuk lutut. Dia tidak mempunyai pekerjaan tetap, dan masih ingin melakukan banyak hal sesuai keinginanya. Menjadi ahli waris dan meneruskan bisnis keluarga bukanlah keinginannya. Namun dia tidak bisa mengelak keinginan neneknya, yang mengharuskannya untuk mengelola kedai kopi,
Go Eun-chan ? Diperankan oleh Yoon Eun-hye
Eun-chan adalah perempuan yang berpenampilan seperti laki-laki. Saat dia di SMA, teman-temannya sering mengira kalau dia adalah anak laki-laki dan mengajaknya kencan... Sejak ayahnya meninggal dunia, dia melakukan kerja serabutan untuk menghidupi ibu dan adik perempuannya. Meskipun hidupnya sulit, namaun dia selalu bersemangat dan bekerja keras. Dia sangat suka makan dan mudah bergaul dengan siapa saja. Menurunkan bakat ayahnya yang pecinta kopi, dia mampu menilai aroma kopi. Karena itulah dia bisa bekerja di Coffee Prince dan bermimpi menjadi pemilik cafe atau kedai kopi suatu saat nanti. Dia jatuh cinta dengan Han-gyeol yang dingin dan suka berkata kasar. 
Choi Han-seong ? Diperankan oleh Lee Seon-gyeon
Han-seong tidak hanya memiliki suara dan senyum yang menawan, namun juga asyik, santai, dan mudah bergaul dengan siapa saja, meski kadang suka menyembunyikan perasaannya. Seorang seniman, yang kadang keras kepala dan eksentrik. Dia adalah seorang musisi. Sebenarnya dia adalah sepupu Han Gyeol, namun dia lebih suka tinggal sendiri, jauh dari keluarga, dan tidak suka ikut campur dalam bisnis keluarganya Dongin Foods. Dalam pekerjaan dia selalu fokus, penuh percaya diri dan aktif. Dia memiliki kesulitan berhubungan dengan wanita sejak putus dengan kekasihnya Yoo-joo yang sudah menjadi kekasihnya selama 8 tahun, namun bersahabat dekat dengan Eun-chan. 
Han Yoo-joo? Diperankan oleh Chae Jung-an
Yoo-joo adalah seniman yang trendi dan juga seksi. Memiliki galeri di  New York and Seoul. Sangat liberal, egois dan suka memakai baju apa saja sesuai keinginannya. Mudah bergaul dengan siapa saja, tapi selalu merasa kesepian. Mudah sakit hati, sensitif, dan punya kesulitan untuk mengatasi permasalahan-permasalahannya. Dia pernah mencintai Choi Han-seong, tapi keinginanya yang kuat terhadap seni membuatnya putus dengannya dan membuatnya pergi ke New York. Akhirnya dia memutuskan untuk kembali pada Han-seong, meski akhirnya dia menerima kenyataan, bahwa Han Seong tidak mencintainya lagi. Joo Yoo juga dekat dengan Han Gyeol. Namun dia tidak mengetahui jika Han Gyeol diam-diam mencintainya sejak lama. Namun karena Han Gyeol menghormati sepupunya, maka cintanya pada Yoo Joo hanya dipendamnya sendiri.





Para Barista The Coffee Prince 


Jin Ha Rim (Kim Dong Wook) salah satu barista di Coffee Prince yang doyan bercanda. Dia memanggil Eun Chan dengan sebutan "My Chan"  dengan mesra  karena merasa Eun Chan kelihatan sebagai laki-laki yang imut-imut dan cantik.


No Sun Ki (Kim Jae Wook) cool n kalem banget. Berdarah campuran Jepang-Korea spesialis pembuat wafel yang bikin cewek-cewek berbondong-bondong berkunjung ke Coffe Prince.

Hwang Min-yeop (Lee Eon*) badannya gede, agak-agak oon. Dia naksir sama adiknya Eun Chan, ngejar-ngejar dia, meskipun tahu kalau adiknya Eun Chan naksir  berat sama Sun Ki.


*Lee Eon ternyata sudah meninggal karena kecelakaan motor pada 21 Agustus 2008. Dia mengendarai motor pulang ke rumah setelah merayakan episode terakhir  penayangan 'Mighty Chil-woo', kemudian motornya menabrak pembatas jalan di Hannam-dong, Seoul, sekitar jam 2 pagi. RIP, Min-yeop (5 February 1981 - 21 August 2008).


Hong Gae Sik (Kim Chang Wan) orangnya asyik, semau gue, bekas Manajer  Coffee Prince. Barista yang paling berpengalaman tentu saja, dan pernah training di Itali. Sejak awal dia sudah tahu kalau Eun Chan itu perempuan.
     Lokasi Syuting
The 1st Shop of Coffee Prince di Hongdae  
Pada mulanya The First Shop of Coffee Prince hanyalah sebuah kedai kopi biasa yang terletak di  dekat Hongik University di Seoul. Sebelumnya nama asli kedai ini adalah "Fruit Garden Mama".


Ketika proses produksi pembuatan drama ini akan dimulai, sang sutradara memilih kedai kopi ini sebagai lokasi utama dan merenovasinya.


Ketika akhirnya drama ini menjadi begitu populer tidah hanya di Korea saja, tapi juga ke seluruh penjuru Asia, pemiliknya memutuskan untuk tetap mempertahankan desain seperti di film, termasuk ilustrasi pada tembok dan jendela, dan menggunakan nama "The 1st Shop of Coffee Prince" sebagai nama kafe ini.


Jika kamu benar-benar penggemar serial 'Coffee Prince', kamu benar-benar akan menikmati tempat ini dan merasakan atmosfir percintaan antaray Han Kyul and Eun Chan. The 1st shop of Coffee Prince sebenarnya adalah kedai kopi tua yang didesain kembali demi keperluan syuting. Kedai kopi yang artistik ini menarik perhatian sekumpulan fans yang sekilas sering menonton proses produksi, sehingga akhirnya setelah proses produksi selesai, kedai kopi ini dibuka untuk umum, dengan mempertimbangkan desain interior dan eksterior yang sama seperti di film.


Di dalam ruangan, pengunjung dapat melihat lukisan yang dibuat oleh Han Yoo-joo. Mungkin yang terasa kurang adalah kehadiran orang-orang seperti Han-gyeol, Eun-chan, Mr. Hong, Wapeulseongi, Minpyeminyeop, and Jappeokarim. Hahaha. .. Jika anda memang benar-benar fans dari serial Coffee Prince, anda bisa mampir sejenak, membeli secangkir kopi dan menikmati memori drama... 
Seoul Animation Center (Pusat Animasi Seoul)



Seoul Animation Center dapat dikunjungi dengan berjalan kaki dari Gunung Namsan ke  Stasiun Myeongdong. Dibuka pada bulan Mei 1999 sebagai kiblatnya kartun Korea dan industri animasi. Sering dijadikan sebagai pusat penyelenggaraan festival animasi dan di dalamnya menyediakan berbagai macam fasilitas seperti teater, ruang pameran, ruang informasi, dan eneka program pendidikan. Selain itu ada juga galeri, perpustakaan, pusat informasi visual, galeri pameran berdasarkan tema dan galeri pameran animasi. AniCinema adalah teater animasi pertama yang terdiri dari 179 kursi dan sistem suara digital dolby. Selain itu ada pula fasilitas pendidikan seperti galeri percobaan, ruang seminar, dan ruang editing bagi para profesional. Lokasinya yang terletak di kaki Gunung Namsan, menyajikan pemandangan yang indah, yang dapat dilnikmati dari atap bangunan. Di film, ini adalah lokasi rumah Han-gyeols. Dibuat dari kayu, memiliki taman yang indah dan romantis dengan dek dan ayunan yang terbuat dari kayu, memperlihatkan panorama kota Seoul yang indah dari atas bukit.
Bugak Skyway Palgakjeong
Sehari setelah hari peringatan kematian ayahnya, Eun Chan mempersiapkan beberapa makanan dan pergi mengunjungi Han-gyeol. Namun Han-gyeol yang berusaha menghindarinya, berkata kalau dia sedang jogging. Kemudian dia mengundang Yoo Joo ke tempatnya, dan terjadilah cinta segitiga yang tidak dapat terelakkan. Yoo Joo sudah membawa kotak makan siang yang diminta  Hyan Gyeol. Mengetahui hal itu, Eun Chan malah berjalan bolak-balik membawa makanannya. Lokasi film yang memperlihatkan Han Gyeol yang sedang jooging itu diambil di daerah Palgakjeong di Bugak Skyway. Dari sini dapat dilihat pemandangan kota Seoul yang begitu indah dan suasanan sekitar yang masih alami. Tidak heran, lokasi ini sangat terkenal sebagai tempat para muda-mudi berpacaran dan memadu kasih. Saat malam tiba, pemandangannya terlihat lebih indah. Dan menjadi tempat atraksi yang sering dikunjungi saat malam hari, selain di Gunung Namsan.  
 
 
Toko Buku Kyobo di Gwanghwamun


Eun-chan memiliki bakat alami mencium dan membedakan kopi-kopi mana yang berkualitas. Dia pernah bermimpi menjadi seorang barista, hingga akhirnya diterima bekerja di Coffee Prince. Han-gyeol yang mengetahui kemampuannya, suatu hari membawanya ke sebuah toko buku  dan membeli buku tentang kopi. Tempat dimana eksterior toko buku difilmkan adalah Toko Buku Kyobo di Gwanghwamun, yang merupakan toko buku terbesar di Korea. Lebih dari 2,3 juta buku yang dikategorikan secara elektronik, sehingga mempermudah mencari buku yang diinginkan. Toko ini selalu dipenuhi banyak orang yang berdiri sambil membaca buku. Apalagi saat  di akhir minggu, dipenuhi kalangan tua dan muda. Kyobo juga menjadi tuan rumah berbagai even, termasuk even bulanan dimana pengarang bertemu dengan pembacanya untuk mendiskusikan isi bukunya. Ada pula toko karakter, toko alat tulis dan toko musik. Sudut buku-buku terbitan luar hegeri sangat populer bagi orang-orang asing, karena ada banyak buku yang ditulis dalam berbagai bahasa.
Kyobo Bookstore
Kyobo Bookstore
Taman Bermain Hongdae 


Han-gyeol terlibat cinta sebelah tangan dengan Yoo-joo, yang juga merupakan kekasih sepupunya, sampai bertahun-tahun. Suatu hari dia sempat berkencan dan menghabiskan waktu dengan Yoo Joo. Yoo-joo tertarik dengan sebuah topi yang dijual dipinggiran jalan dan Han-gyeol membelikannya. Lokasi kejadian ini adalah sebuah jalan di depan sebuah taman bermain diseberang Universitas Hongik. Pada malam hari banyak penjual yang menjajakan bermacam-macam aksesoris dan pakaian. Saat akhir pekan, di lapangan berumput banyak penjual dadakan yang menjual berbagai macam kebutuhan dan aksesoris yang dibuat para seniman muda, juga ada penampilan band-band indie.


 

Jalan-jalan ke Lokasi Syuting Coffee Prince yuuukkk!!!

 



Coffee Prince dijadikan Cafe beneran dan menjadi salah satu lokasi kunjungan turis ke Korea. Letaknya di Sanullim Theater.

Bangunan tingkat dua. Lantai duanya tidak dibuka untuk umum dan kondisinya mirip dengan yang di Drama. Tapi kopinya ..mahal, ada yang mencoba beli, harganya 7000 Won atau sekitar Rp 70 ribu yah..kaya Starbuck lah lebih kurang harganya.

Menurut yang pernah kesana, pelayanan-nya ramah sekali dan bahkan mereka memutarkan OST drama Coffee Prince. 




Bagian Luar Coffee Prince


The First Shop of Coffee Prince dilihat dari seberang jalan (atas)
Signboard (papan nama) Coffee Prince yang tertutup daun-daun (bawah)


The signage as seen in the K-drama series.

Papan nama Coffee Prince sama dengan yang di dalam film

The signage as seen in the K-drama series.

Bagian sampingnya dilihat dari dalam ruangan

The signage as seen in the K-drama series.


Bagian luar Coffee Prince

The signage as seen in the K-drama series.

Gambar di jendela ini hasil karya Yoon Eun-Hye lho...

The signage as seen in the K-drama series.

Gambar Eun-hye di jendela dilihat dari dekat
The signage as seen in the K-drama series.

Gambar-gambar lainnya di jendela
The signage as seen in the K-drama series.

Plang nama Coffee Prince di bagian samping, terlihat lebih jelas
 Lantai pertama




Bagian dalam Coffee Prince




Logo yang dipajang di pintu (atas)
Dek bagian luar yang dilihat dari pintu masuk utama (bawah)






Pemandangan saat memasuki Coffee Prince...
Ada sketsa yang digambar pake kapur yang 








Ice coffe Mocca, 7000 won, sekitar 70.000 rupiah kali ya... Mahal...




Han Yoo Joo's sunflower mural.

Hasil karya Han Yoo Joo, bunga matahari
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Daftar menu beserta harganya. Tersedia pula aneka kopi dan snack.
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Lukisan dari kapur, bingkai-bingkai foto dan aneka mainan.
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Lantai atas ternyata tidak boleh dimasuki pengunjung...
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Merchandise Coffee Prince drama yang boleh dibeli. Lumayan buat oleh-oleh...
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Aneka merchandise Coffee Prince yang juga dijual.
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Sayangnya, menu yang dilihat dalam film, ternyata tidak tersedia di sini.
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Papan "Menu Special"
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Kirain pegawai yang berambut panjang itu Sun-ki...
Han Yoo Joo's sunflower mural.

Lukisan dari kapur dan daftar harga.

Bagaimana Cara menuju ke Coffee Prince???

Coffee Prince MapCoffee Prince cafe yang asli, yang digunakan sebagai lokasi syuting terletak di  kawasan Hongdae di Seoul. Tempat ini sekarang menjadi tempat yang wajib dikunjungi di Korea, terutama bagi para fans dan penikmat serial ini. 

1. Gunakan subway Line 2 ke Stasiun Universitas Hongik.  Di dalam peta ditandai dengan warna hijau.
2. Keluar melalui pintu Exit 4.
3. Belok kanan menuju arah Seven Springs corner. Berjalanlah kira-kira dua blok.
4. DI ujung jalan, belok kiri.
5. Belokan pertama ke kanan (ada Family Mart di sebelah kiri)
6. Berjalanlah lurus kira-kira 500 meter, jalanannya agak menanjak.
Di ujung jalan coffee shop terlihat di sebelah kanan. Perhatikan baik-baik, sebab letaknya dikelilingi pepohonan.



*Ada tempat lain yang bernama Coffee Prince cafe juga yang dibangun oleh studio MBC di daerah Hongik "Tiramisu Coffee Prince Shop". Di dalam peta terlihat di  bagian kanan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi Coffee Prince Korea.






1 komentar: